Kecamatan Seranau, di Seberang Kota Sampit Yang Tertinggal

Sampit, Koranpelita.com

Camat Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng, H. Dedy Setiadi, SSTP, MSI ketika dikonfirmasi Selasa (21/ 5) mengatakan, jumlah desa ada 5 dan satu kelurahan.

Yakni Desa Terantang, Terantang Hilir, Batuah, Seragam Jaya, Ganepodan Kelurahan Mentaya Seberang. Sedangkan jumlah penduduknya kurang lebih sepuluh ribu jiwa. Sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Kondisi geografisnya terletak di sekitar daerah aliran Sungai Mentaya yang membelah Kota Sampit dengan Kecamatan Seranau.

Terkait sarana dan prasarana, karena belum adanya jembatan penghubung dari Sampit ke Seranau sangat berpengaruh cukup besar dalam perkembangan pembangunan di wilayah kecamatan yang dipimpinnya.

Ditambahkan Dedy Setiadi, seperti jalan antar desa belum tembus jalan daratnya, jadi masih lewat sungai.

Sedangkan fasilitas kesehatan, ada Puskesmas di ibukota kecamatan, tapi untuk petugas medis masih kekurangan. Terkait fasilitas pendidikan di ibukota kecamatan belum ada SMA atau SMK.

Hasil pertanian masyarakatnya, ada rotan, karet, ada pula nenas, laos dan bawang dayak. Tanaman padi juga ada di daerah Belayar.

Sedangkan dukungan transportasi untuk masyarakatnya menjual hasil pertaniannya ke Pasar Sampit.

Pemerintah Kecamatan dulu mengadakan fery penyeberangan untuk membantu masyarakat Seranau khususnya untuk menyeberang. Namun sekarang kapal fery tersebut Dinas Perhubungan yang mengelolanya.

Mengenai pemukiman transmigrasi asal Timor Timur, menurutnya tinggal sedikit sisanya. Banyak yang kembali ke daerah asalnya, dan sekarang kebanyakan bekerja di perusahaan perkebunan sawit. (Ruslan AG).

About dwidjo -

Check Also

Kampanye di Pontang, Ratu Tatu Dihadiahi Bontot

Serang, Koran Pelita.com Kinerja Ratu Tatu Chasanah selama menjadi Bupati Serang terus diapresiasi warga. Bahkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *