Kades di Kotim Menilai Pembangunan Tidak Merata 

Sampit , Koranpelita. com 

Kades Pemantang di Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng , Edy Indra M, SE Selasa (21/) mengatakan, benar sekali Kecamatan Parenggean memang kecamatan yang paling maju di kawasan utara Kotim.

Karena kecamatan lain seperti dianaktirikan, contoh Mentaya Hulu. Bagaimana bisa sepesat Parenggean kemajuannya kalau tidak didukung sarana dan prasarana infrastruktur selayaknya Parenggean.

Warga menjual hasil kebunnya saja susah. Sebab menghadapi biaya transportasi yang tinggi. Coba bayangkan jika pembangunannya sama dan merata startnya.

Menurut Kades di pedalaman Kotim ini, jadi sekali lagi kami warga kecamatan lain merasa heran karena perhatian pemerintah tidak merata.

Selalu banyak alasan terutama jika pembangunan infrastrukstur jalan, lagi lagi dengan alasan yang sama, yakni status kawasan hutan.

Sementara itu Anggota DPRD Kotim Syahbana dari Nasdem mengatakan, terkait soal tata ruang wilayah di daerahnya mesti dibicarakan secara intens dengan pemerintah pusat.

Tersebab tak sedikit menjadi kendala bagi pembangunan infrastruktur di daerahnya.

Pantauan di lapangan, zaman keemasan bisnis kayu dulu Kecamatan Mentaya Hulu merupakan kecamatan yang paling ramai dari geliat bisnis. Sebab masih menggunakan transportasi sungai.

Tetapi sejak era kemilau bisnis kayu meredup dan masuknya investasi perkebunan sawit di Kotim, infrastruktur jalan darat membaik terlebih milik perkebunan. Sehingga kecamatan paling maju dan paling ramai berada di Kecamatan Parenggean.

Sesuai dengan  tuntutan dan hukum alam , pasar ramai dan sejumlah bank berdiri disini. (Ruslan AG ).

About dwidjo -

Check Also

BPD Siap Kawal Program Pemdes Sesuai Aturan

Katingan , Koranpelita.com. Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bumi Subur, Henny Meitriyati menyatakan siap kawal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *