Perluas Kewenangan Pengelolaan Desa Minta

 

Sampit, Koranpelita.com 

Kades Pemantang Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng, Edy Indra, SE Sabtu (4/5) menjelaskan, berdasarkan hasil Bimtek di Jakarta salah satu kendala pembangunan di desa adalah terbatasnya kewenangan tingkat desa.

Atinya serusak dan separah apapun itu baik infrastruktur jalan, jembatan maupun bangunan, tidak bisa dikerjakan dengan Dana Desa. Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan kondisi di lapangan.

Yang kedua, berkaitan dengan status kawasan hutan , dimana yang namanya aset desa tidak semua berada ditengah pemukiman warga, terkadang banyak berada yang diluar pemukiman. Salah satu contoh obyek wisata yang keberadaannya disekitar hutan kemasyarakatan.

Jadi saya berharap kedepan pemerintah pusat harus memberi kewenangan secara khusus kepada desa seluruh Indonesia agar penggunaan Dana Desa dapat terserap secara maksimal dan tidak bertentangan dgn aturan yang berlaku.

Sedangkan terkait masih adanya perusahaan perkebunan sawit yang belum memberikan kebun plasma kepada masyarakat sekitar, pemerintah harus melakukan inventarisasi dan pemetaan masalah.

Jika ada pihak perusahaan perkebunan sawit yang belum memberikan kebun plasma kepada warga sekitarnya,kiranya perlu ditindak tegas. ( Ruslan AG )

About dwidjo -

Check Also

Syehk Ali Jaber Dianiyaya, Ormas Islam di Kalsel Gelar Unjuk Rasa

Banjarmasin, Koranpelita.com Simpati atas terjadinya penganiyayaan terhadap ulama Syekh Ali Jaber di Lampung kemarin terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *