Desa Harus Memiliki Kebun Sawit di Kotim 

 

Sampit, Koranpelita.com

Parimus, SE Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim ) di Provinsi Kalteng, belum lama ini di Sampit mengatakan, desa yang wilayahnya berdekatan dengan perusahaan perkebunan sawit, harus memiliki kebun kelapa sawit.

Hal itu sebagai asset pendapatan yang bisa membantu program di desa itu. Jadi tidak hanya tergantung dengan dana desa.

Menurut Parimus yang pernah menjadi kades ini, sewaktu dirinya dulu menjadi kades belum ada dana desa dan cukup sulit mendapatkan operasional untuk pemerintahan desa.

Tetapi ia berinovasi dengan membangun komunikasi dengan pihak investor perkebunan sawit agar peduli dengan desa di sekitarnya.

Maka Desa Sebabi di Kecamatan Telawang Kotim telah dibantu dan memiliki kebun desa. Selain itu di kawasan desa Sebabi sekarang merupakan yang sangat maju dengan geliat ekonominya .

Sebab banyak perusahaan perkebunan sawit di sekitarnya. Hal ini ditandai dengan adanya pasar yang ramai dan terdapat sejumlah bank yang membuka cabang atau unitnya di Desa Sebabi Kecamatan Telawang Kotim ini.

Parimus juga berharap kepada masyarakat sekitar perkebunan sawit untuk peka membaca peluang bisnis yang ada dan jangan hanya berpikir menjadi karyawannya saja. Tetapi juga bisa memiliki kebun meskipun minimal dua hektare.

Diakui Parimus kehadiran perkebunan sawit lebih berdampak positif bagi perekonomian di daerah dan masyarakat harus berperan dan tidak hanya jadi penonton kehadiran investasi besar-besaran perkebunan sawit di Kotim.(Ruslan AG)

About redaksi

Check Also

Monitoring Pembangunan Peternakan di Tabalong untuk Pemenuhan Pangan Hewani IKN Nusantara, Bang Dhin: Ini Harus Jadi Perhatian Pemerintah

Tanjung, koranpelita.com Kabupaten Tabalong menjadi salah satu pintu gerbang menuju Ibukota Negara (IKN) Nusantara di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca