Pangkoarmada III Canangkan Zona Integrita Wilayah Bebas Korupsi Serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Sorong,  Koranpelita.com

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., mencanangkan dan menandatangani piagam “Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Koarmada III” di Gedung Serba Guna Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (30/4).

Penandatanganan piagam tersebut disaksikan sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sorong, Akademisi, tokoh agama, dan tokoh masyarakat serta dihadiri para Asisten Pangkoarmada III, para Komandan Satuan dan Kepala Satuan Kerja Koarmada III.

Pada kesempatan dan tempat yang sama, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E, M.M., juga mencanangkan dan menandatangani piagam “Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Lantamal XIV Sorong.

Pangkoarmada III mengatakan bahwa pencanangan Pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM di lingkungan Koarmada III tahun 2019 ini merupakan bagian dari kesungguhan TNI Angkatan Laut dalam mengukuhkan diri sebagai instansi yang mempunyai komitmen dan integritas dalam mencegah terjadinya korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai upaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui langkah Reformasi Birokrasi yang akuntabel dan kredibel berdasarkan Perpres Nomor 81 tahun 2010 tentang grand design Reformasi Birokrasi tahun 2010-2025.

Koarmada III sebagai Kotama Operasi dan Pembinaan TNI Angkatan LAut memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan zona integritas sebagai program Reformasi Birokrasi.

“Tentunya komitmen ini sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas organisasi, dimana individu tersebut bertugas serta program Reformasi Birokrasi merupakan salah satu program prioritas Reformasi Birokrasi TNI AL yang merupakan program jangka panjang menuju tata kelola pemerintahan 2025 yang bersih dan bebas KKN, transparan, akuntabel serta professional,” tegasnya.

Dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan Zona Integritas ini, Koarmada III memiliki langkah-langkah dan target dalam menyusun perencanaan pembinaan dan pembangunan yang meliputi perencanaan jangka sedang dalam kurun waktu lima tahun dan jangka pendek satu tahun yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga diperoleh berbagai rumusan dengan menentukan arah, tujuan, sasaran strategis dan program kegiatan.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Koarmada III menuju WBK dan WBBM memiliki target, yaitu, Pertama: meningkatnya komitmen seluruh satuan kerja di jajaran Koarmada III dalam pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Kedua: terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja di satuan kerja jajaran Koarmada III sebagai zona integritas Koarmada III menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Ketiga: menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan aturan yang berlaku.

Pangkoarmada III mengharapkan dengan dicanangkannya Pembangunan Zona Integritas ini mampu memberikan pemahaman yang benar terhadap berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah kepada seluruh prajurit dan PNS Koarmada III beserta jajaran, sehingga dapat bersinergi mensukseskan program akselerasi untuk ikut berperan dan berpartisipasi secara aktif dalam mendukung tercapainya seluruh tujuan pembangunan baik yang dilaksanakan pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah.(ay)

 

About ahmad yani

Check Also

Cegah Covid 19, Babinpotdirga Lanud SPR Bagikan Masker

Jayapura,  Koranpelita.com Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19), 75 personel Lanud Silas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *