LEMPAR TALI BUANGAN-Kepala Staf Koarmada III melemopar tali buangan kapal.(penarmada III)

Tingkatkan Keterampilan Prajurit,  Koarmada III Gelar Lomba Lempar Tali Buangan

Sorong, Koranpelita.com

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menegaskan kepada seluruh prajurit Koarmada III agar senantiasa berupaya melakukan inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan profesionalisme dan keterampilan prajurit melalui berbagai kegiatan yang positif dan bermanfaat, baik bagi organisasi, masyarakat dan lingkungan.

Berdasarkan arahan tersebut, sejumlah prajurit Koarmada III dengan penuh antusias dan semangat mengikuti lomba adu ketangkasan melempar tali buangan di lapangan upacara Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (12/4).

Serunya lagi, Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) dan Komandan Guspurla Koarmada III Laksma TNI P. Rachmad Wahyudi, S.E., serta seluruh pejabat utama Koarmada III bersama sejumlah prajurit Koarmada III termasuk Kowal, perwakilan Lantamal XIV Sorong, dan Anak Buah Kapal yang sedang sandar ikut ambil bagian dalam lomba tersebut.

Lomba berlangsung ramai yang ditandai dengan ketatnya jarak lemparan, lebih serunya terjadi persaingan antara kemampuan melempar prajurit yang telah bertugas di pangkalan dengan Anak Buah Kapal.

Adapun pemenang lomba tersebut yaitu juara pertama diraih KLS Taufik dari Lantamal XIV Sorong, juara kedua dan ketiga diraih ABK KRI Yos Sudarso-353 masing-masing KLK Hesti dan Kopda Darma. Sementara jauara Harapan 1 diraih Serda Yohannes dari Mako Koarmada III, dan KLK Gatot juga ABK KRI Yos Sudarso-353.

Tali buangan merupakan alat untuk menghubungan tali tros dari kapal ke darat atau dermaga. Tali buangan dibuat dari tali manila atau misal dimana ujungnya diberi kantong pasir atau sebuah simpul tali sebagai pemberat. Sesuai perkembangan teknologi, tali buangan dibuat dari nilon karena ringan juga jarang membelit dan lebih kuat.

Dalam proses sandar atau penambatan sebuah kapal baik sandar dі dermaga atau sandar di sisi kapal bersebelahan perlu adanya peningkatan melempar tali buangan. Keterampilan prajurit dalam melempar tali buangan tersebut dibutuhkan oleh karena itu perlu keterampilan khusus.(ay)

 

 

 

About ahmad yani

Check Also

345 BINTARA DAN TAMTAMA REMAJA RESMI SANDANG BARET UNGU

Malang Selatan,  Koranpelita.com Di kala fajar memecah heningnya malam, deburan ombak Pantai Selatan pun membangkitkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *