Dandim 0508/Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar

Sebanyak 762 Personel TNI Siap Amankan Pemilu 2019 di Wilayah Depok

Depok, Koranpelita.com

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar menyatakan ada sebanyak 762 personel TNI akan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Kota Depok.

“Pasukan TNI yang membantu Polres Depok melakukan pengamanan pemilu berjumlah 762 personel,” kata Dandim di Makodim Depok, Jumat (12/4).

Dari 762 personel tersebut, lanjut Dandim, sebanyak 472 merupakan personel BKO (bawah komando operasi). Sisanya merupakan personel Kodim 0508/Depok.

“472 personel BKO ini didatangkan dari sejumlah satuan di jajaran TNI AD, diantaranya Batalyon Arhanud 10, Bekangad, Detasemen Rudal 003 dan Divif 1 Kostrad,” ujar Dandim.

Menurutnya, seluruh personel pengamanan Pemilu tersebut, akan melakukan pengamanan atas pelaksanaan pemungutan suara, dengan pola penempatan personel sesuai pemetaan tingkat keamanan.

“Pola pengamanan ini berdasarkan titik aman. Pasalnya, ada sejumlah TPS yang dianggap dapat menimbulkan potensi konflik dan itu sangat relatif kecil, mendapat pengamanan ekstra,” kata Dandim.

Para personel TNI yang akan melakukan pengaman Pemilu di wilayah Depok itu, kata dia, nantinya pada H -2 pencoblosan, akan disebar ke TPS-TPS yang ada di wilayah Depok.

“Nanti, pada tanggal 15 April, seluruh personel pengamanan sudah mulai melakukan pengaman di TPS,” ujarnya.

Dandim berharap, melalui kekuatan keamanan oleh TNI-Polri serta bantuan masyarakat, seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 du Depok dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Dandim optimis, pelaksanaan Pemilu di Depok aman, sebab telah dibuktikan saat Pilgub Jabar maupun pemilihan lainnya, semuanya berjalan aman. Hal ini, kata dia, tidak lepas peran serta masyarakat Depok, yang menginginkan kehidupan dalam tatanan kenegaraan ini aman.

Menurunya, pelaksanaan pemilu serentak merupakan hajatan demokrasi bangsa, sehingga semua komponen masyarakat harus menyukseskan agenda lima tahunan tersebut.

Oleh sebab itu pihaknya mengajak, khususnya warga Depok untuk menggunakan hak pilihnya, dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

“Untuk menentukan masa depan bangsa lima tahun kedepan, gunakan hak pilih dengan mendatangi TPS. Jangan tidak memilih atau golput,” ujarnya.

Terkait situasi kamtibmas di wilayah Kodim Depok, jelang pelaksanaan Pemilu, Dandim mengakui, Depok sangat kondusif, sehingga diharapkan dapat menjamin kelangsungan proses demokrasi dengan aman dan lancar.

“Alhamdulillah situasi Depok hingga H -5 kondusif. Dan kami bersama elemen masyarakat lainnya akan terus menjaga situasi ini,” pungkasnya. (ay)

 

About ahmad yani

Check Also

Pria Paruh Baya Di Palas Nekat Curi HP

Palas,Koran  Pelita, com Pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) yang kerap meresahkan masyarakat Desa Bangunan, Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *