APEL KESIAPAN- pemeriksaan alat-alat penunjang pengamanan Pemilu 2019 seperti kendaraan taktis, peralatan senjata, alat PHH, alat komunikasi, hingga kendaraan kesehatan dan peralatan pendukung lainnya.(penlantamal III)

Matangkan Persiapan Pemilu 2019, Lantamal III Gelar Apel Kesiapan  

Jakarta, Koranpelita.com

Menjelang perhelatan pesta demokrasi yang berlangsung pada bulan April ini, Wakil Komandan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) I Made Wira Hadi A.W pimpin apel kesiapan pengamanan Pemilu tahun 2019 di lapangan apel Yonmarhanlan (Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan). Jalan Tabah Raya No.01  Komplek TNI AL Kelapa Gading Sunter Kodamar. Rabu (10/4).

Wakil Komandan Lantamal III Jakarta menyampaikan bahwa setiap personel PHH (Penanggulangan Huru-Hara) harus benar-benar memahami aturan pelibatan pasukan TNI dalam pengamanan Pemilu, dengan memahami aturan tersebut, diharapkan tidak akan terjadi kesalahan prosedur pada saat di lapangan.

“Dan setiap personel wajib menjaga perlengkapan PHH yang dipakai dan bertanggung jawab atas penggunaannya, selain itu tujuan dari apel kesiapan ini untuk mengecek dan memastikan kembali kesiapan personel dalam pengamanan Pemilu 2019,” tegasnya.

Diharapkan, kata Wadan Lantamal III, melalui kegiatan ini personel yang terlibat semakin siap, terampil dan mampu melakukan pengamanan Pemilu dengan baik sesuai standar operasional yang sudah di tetapkan.

Diakhir sambutannya beliau mengajak personel, agar selain mempersiapan fisik dan mental, personel juga diminta untuk menjaga kesehatan agar mampu melaksanakan tugas yang diemban dengan baik dan tuntas.

Sekitar 800 lebih personel dilibatkan dalam kegiatan apel kesiapan pengamanan Pemilu tahun 2019 tersebut diantaranya dari Koarmada I, Kolinlamil, Pushidrosal, Seskoal dan Lantamal III, ditambah 1 kompi Pomal gabungan Koarmada I, Seskoal, dan Lantamal III.

Dalam apel kesiapan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan alat-alat penunjang pengamanan Pemilu 2019 seperti kendaraan taktis, peralatan senjata, alat PHH, alat komunikasi, hingga kendaraan kesehatan dan peralatan pendukung lainnya, selain itu  juga diperagakan cara menempatkan senjata dan memegang senjata.

Sebelum digelar apel kesiapan ini, dua bulan sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan kepada personel yang dilibatkan langsung dalam pengamanan Pilpres dan Pileg Pemilu tahun 2019 ini diantaranya tehnik dan taktik dasar PHH, latihan formasi PHH, latihan penindakan massa dan latihan penyelamatan korban serta pengamanan saat berkonvoi.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wadan Satgas Kolonel Laut (P) Arya Delano,S.E.,M.pd., Danpomal Lantamal III, Danyonmarhanlan III, Kadisang, Kadisbek  Lantamal III.(ay)

 

 

 

About ahmad yani

Check Also

Peduli Situs Budaya, Kapolda Resmikan Renovasi Rumah Betang di Kobar

Pangkalan Bun, Koranpelita.com. Polres Kobar dan Polda Kalteng bersama jajarannya ikut ambil bagian dalam menjaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *