Tingkatkan Keterampilan, ABK KRI Teluk Lada-521 Latihan Penyelamatan Kapal

Sorong, Koranpelita. Com

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menekankan kepada seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KRI Teluk Lada-521 bahwa kapal tersebut merupakan KRI terbaru produksi anak bangsa yang pertama kali masuk di jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmada III.

Sebagai pengawak pertama KRI harus benar-benar memahami tentang fungsi azasi kapal ini, dalam konteks operasi, kapal jenis Landing Ship Tank ini secara teknis memiliki fungsi sebagai kapal angkut personel dan material.

Untuk itulah, seluruh ABK KRI Teluk Lada-521 melaksanakan berbagai macam latihan untuk meningkatkan profesionalisme dan keterampilannya, antara lain melaksanakan latihan Penyelamatan Kapal yang dilaksanakan di Komando Latihan Koarmada II, Ujung Surabaya, Selasa (9/4).

Latihan tersebut dipimpin Komandan Komando Latihan Koarmada III Kolonel Laut (P) Ridwan Prawira serta pelatih dan instruktur yang sarat pengalaman pada latihan bersama multilateral Rimpac 2018 di Hawai.
Latihan yang berstandar Naval Training, NATO tersebut diawali dengan teori dan ujian tulis berbagai materi, diantaranya organisasi Penyelamatan Kapal, Penggunaan berbagai alat seperti pemadaman kebakaran ringan sampai kebakaran besar, prosedur penanggulangan kebocoran di kapal, penanganan korban kebakaran.

Sebelumnya, ABK KRI Teluk Lada-521 telah melaksanakan juga latihan di Laut Jawa dan Pantai Banongan untuk menguasai dengan benar prosedur operasional secara taktis maupun teknis embarkasi dan debarkasi melalui bowdoor rampha, pendaratan heli, beaching dan retrack.

Sejumlah latihan dilaksanakan dengan penuh semangat untuk senantiasa memberikan yang terbaik untuk TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara tercinta.

About ahmad yani

Check Also

Giat OPS Yustisi Tiga Pilar Bersama Muspika dan Koramil 07/Cipayung

Jakarta,  Koranpelita.com PSBB masa transisi yang dicanangkan Pemda DKI Jakarta melalui Kepgub 1020 dan Pergub …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *