Tamperak untuk Perangi Korupsi

Tamperak Hadir Untuk Memerangi Korupsi

Jakarta, Koranpelita.com

Berawal dari keprihatinan persoalan korupsi yang dialami bangsa ini, terbesit untuk mendirikan LBH, LSM Tamperak (Tameng Perjuangan Rakyat Anti Korupsi).Tentu dengan visi misi yang mengedepan anti korupsi.Benarkah?

“Langkah kedepanya bagaimana LSM  Tamperak dalam memerangi korupsi. Sejauh ini banyak LSM tidak konsisten dengan tujuan misi dan visi dalam memberantas korupsi, “ujar Kepas Panagian Pangaribuan Selaku Ketua Umum Tamperak kepada KORANPELITA.COM belum lama ini di Jakarta.

Dikatakan Kepas jika pengurus menemukan penyelewengan korupsi diberbagai instansi pemerintah, maka segera melaporkan ke LSM Tamperak, meski ada lembaga lainnya seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan dan Kepolisian.

“Karena kita bersinergi dengan penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan dan KPK,” terangnya.

Disingung terkait ada wacana pembubaran KPK, menurut Kepas, Tamperak sangat tidak setuju dengan wacana itu. Tamperak ini sebagai LSM garda terdepan, menginginkan supaya KPK itu diperkuat  bukan dilemahkan.

“Harapan LSM Tamperak, justru bagaimana KPK nanti ada perubahan konstitusional. Perubahan konstitusi, bahwa nantinya KPK ini bukan lagi “adhock” tapi sudah konstitusional. Nantinya ada amandemennya, yakni amandemen Kelima,” tegasnya.

Lebih lanjut Kepas mengatakan dirinya berharap supaya KPK itu makin kuat, bukan diperlemah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena KPK ini diketahui membutuhkan pemerintah kapan saja bisa dibubarkan.

“Intinya Tamperak meminta kepada MPR-RI dan DPR-RI supaya membuat amandemen UUD itu, agar KPK tidak dibubarkan,”ungkapnya.

Kedepannya tambah Kepas, Tamperak tetap berkoordinasi dengan KPK,  Kejaksaan dan Kepolisian. Apapun
ceritanya LSM Tamperak bertujuan memperkuat KPK karena memang mencintai NKRI.

“Artinya bagaimana mencintai NKRI, tentu semuanya harus anti korupsi. Negara sekarang ini,  katanya, sudah akut dengan para koruptor. Para koruptor itu tidak boleh lagi merajalela dinegara ini,” imbuhnya.

Korupsi itu, menurut Kepas sesungguhnya merusak sendi-sendi, moral, pembangunan, bidang kesehatan, bidang perekonomian. Makanya, Tamperak  tidak akan pernah membiarkan korupsi hingga mengakar keberbagai lini.

“Ketika koruptor merajalela, maka cepat atau lambat negara ini akan hancur. Koruptor itu adalah penghianat Pancasila. Saya harapkan kepada pengurus supaya benar- benar  memberantas korupsi,” tegasnya.

Dikatakan Kepas untuk kedepanya, langkah panjangnya LSM ini mempunyai program yakni membuat atau  menyelenggarakan seminar- semnar nasional dan seminr-seminar di setiap perguruan tinggi.

“Saat ini Tamperak sudah membuat programnya dan mencari anggarannya, bagaimana seminar ini bisa terwujud,” urainya.

Menurut Kepas kehadiran LSM Tamperak, sudah dibentuk di tingkat  DPW, seperti Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Banten dan DKl. Ketika terbentuk DPW ini, maka akan dibentuk DPD-DPD setiap kepala daerah, Kota  dan Kabupaten.

“Saya berharap LSM  Tamperak setahun atau dua tahun kedepan, semua DPW di nusantara ini sudah terbentuk. Itu target kami,” tandasnya.(han)

About dwidjo -

Check Also

Satu Lagi Pejabat Jadi Tersangka Dugaan Suap Proyek PUPR Lamsel

Kalianda, Koranpelita.com KPK RI kembali menetapkan tersangka baru, pada korupsi APBD Pemkab  Lampung Selatan, tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *