Jalan Pasar Baros Serang Lancar

Pascadiperbaki PUPR Banten Jalan Pasar Baros Serang lancar

Serang, Koranpelita.com

Pascaperbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, Jalan Raya Serang – Pandeglang, di kawasan Pasar Baros Kabupaten Serang mulai terlihat lancar.

Pantauan Koranpelita.com, Jumat, 5 April 2019,  suasana lalu lintas di ruas jalan tersebut lancar.

Padahal sebelumnya sebelum ruas jalan tesebut mengalami perbaikan, kerap terjadi kemacetan. Laju kendaraan merayap.

Kondisi tersebut, mengundang perhatian Gubernur Banten, H. Wahidin Halim. Bahkan ia merasa kesal dengan kondisi jalan Pasar Baros yang kerap macet.

Pada Selasa 2 April 2019, Gubernur Banten Wahidin Halim melintasi jalan tersebut langsung menghubungi Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Hadi Soerjadi untuk membersihkan bahu jalan yang kotor dan dipadati dengan pedagang.

“Coba ini bersihkan, pedagang pindahkan ke dalam pasar. Bahu jalannya banyak sampah, bersihkan. Biar nggak macet terus disini,”  kata Gubernur kepada Kepala Dinas PUPR beserta jajarannya di UPT Serang-Cilegon pada Selasa (2/4/2019).

Saat itu, Gubernur mengaku telah sering mendapatkan laporan tentang kemacetan yang terjadi di ruas jalan yang melintasi Pasar Baros dan sudah berlangsung cukup lama.

Menurutnya, kemacetan akibat aktivitas jual beli di pasar tidak akan terjadi apabila bahu jalan yang ada tetap dibiarkan menjadi hak pengguna jalan.

“Perekonomian pasar memang harus tetap jalan, tapi jangan menghambat perekonomian yang lain juga. Jadi harus saling berkesinambungan,” ujarnya.

Petugas Dinas PUPR Provinsi Banten langsung membersihkan bahu jalan di depan Pasar Baros yang kotor dan menggangu lahan jalan utama yang digunakan pengendara.

Dinas PUPR langsung mengerahkan petugas teknis untuk menggali tanah yang mengotori jalan dan jadi gundukan di bahu jalan. Selain itu, para pedagang yang sebelumnya memadati bahu jalan pun diminta untuk pindah ke dalam lokasi pasar agar petugas leluasa untuk membersihkan tempat tersebut.

Menghindari pedagang pindah lagi ke bahu jalan, Dinas PUPR Provinsi Banten memasang, balok beton.

Instruksi Gubernur Wahidin Halim membuahkan hasil. Selang beberapa lama setelah proses pembersihan, jalur Pasar Baros yang sebelumnya macet perlahan berangsur lancar.

Banyak warga masyarakat setempat meminta kepada gubernur, supaya kondisi tetap lancar, harus terus ada petugas yang berjaga. Kalau tidak, pedagang pasar yang menempati bahu jalan bisa kembali lagi. “setidaknya harus sering dikontrol,” kata Rapih Herdiyansyah, salah seorang warga kampung CiBatu Baros, Kab. Serang.

Yana Novianto  (39 tahun) warga Widya Asri Serang, mengungkapkan, kondisi lalu lintas di sekitar Pasar Baros pada jam-jam sibuk mulai lancar.

“Masih dirasakan merayap pada pagi hari. Tetapi, sudah jauh lebih lancar dibandingkan dengan sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, sopir angkutan Serang Pandeglang, Komarudin (23 tahun) jalan di kawasan Pasar Baros sudah relatif lancar. “Kalau tersendat sedikit wajar. Namanya juga pasar, banyak orang beraktivitas,” katanya.

Komar mengatakan, faktor utama yang membuat jalan jadi lancar adalah adanya pemasangan balok beton di pembatas jalan dengan pasar.

 

“Balok ini membuat para pedagang yang dulunya jualan di bahu jalan ga balik lagi,” katanya.

Komar juga mengatakan, sebelumnya bahu jalan Pasar Baros penuh dengan sampah dan becek. “Sekarang bersih dan rapi, sehingga lalu lintas juga jadi lancar,” ujarnya. (Roy)

About dwidjo -

Check Also

Prof Noor Achmad: Gaungkan Hari Santri Harus

Semarang,Koranpelita.com Hari Santri Nasional ke-6 diperingati secara sederhana di Masjid Agung Jawa Tengah, yang hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *