PP – IPTEK Dorong Para Pelajar Kembangkan Teknologi Indonesia

PP – IPTEK Dorong Para Pelajar Kembangkan Teknologi Indonesia

SERPONG, koranpelita.com

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) Serpong, Tangerang Selatan, Jumat(22/03/2019).

Kunjungan Ilmiah tersebut dilakukan ke beberapa laboratorium Iptek, di antaranya Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Balai Bioteknologi, Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), dan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC).

Keempatnya merupakan laboratorium milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang berlokasi di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Serpong. Dalam kunjungannya tersebut PP-IPTEK membawa serta para pelajar sebanyak 25 kelompok yang terdiri dari 75 orang pelajar yang berasal dari 11 SMP/SMA di wilayah Jabodetabek yang berusia 13 – 15 tahun.

Sebelumnya para pelajar tersebut mengikuti kompetisi Discovery Camp yang diadakan sejak Kamis kemarin di PP – IPTEK TMII Jakarta Timur. Kunjungan Ilmiah akan dilakukan ke beberapa laboratorium Iptek, di antaranya Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Balai Bioteknologi, Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), dan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC). Keempatnya merupakan laboratorium milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang berlokasi di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Serpong.

” Kunjungan ini dalam rangka mengedukasi para pelajar tentang perkembangan teknologi Indonesia. Pengetahuan mereka tentang Puspitek terbatas, mindset mereka pada Puspitek tahunya hanya ilmiah, setelah berkunjung jadi mereka paham bahwa Indonesia juga bisa mengembangkan Pesawat Nir awak, yang bisa dikembangkan dalam rangka membantu memadamkan kebakaran hutan dan membuat hujan buatan,” ujar Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih di sela-sela kunjungannya ke Puspitek Serpong, Tangerang Selatan.

Lia menambahkan, setelah melakukan kunjungannya para pelajar tersebut diminta membuat laporan berupa karya tulis sebagai bagian proyek penelitian. Selanjutnya Lia berharap kunjungannya ke Puspitek dapat membuka Cakrawala bagi para pelajar tentang perkembangan teknologi di Indonesia. ” Kita berharap dapat membuka cakrawala mereka, bahwa Indonesia punya banyak pusat sains untuk dikembangkan bagi ilmu pengetahuan Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang peserta, Telisya siswi pelajar SMP Islam Tugasku Pulomas Jakarta mengaku puas dan tertarik akan perkembangan teknologi yang didisplay di ruang Pertahanan dan Keamanan. ” Saya sangat tertarik dan kagum dari teknologi yang di display, semula saya bercita-cita ingin jadi dokter, tapi setelah berkunjung ke Puspitek ini saya akan merubah cita- cita saya menjadi Engine, sebab saya ingin membantu mengembangkan teknologi Indonesia,” imbuhnya. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Risiko Penggunaan Bahan Plastik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh: Yohana M Nababan,  *Penulis, mahasiswa jurusan Kimia FMIPA Universitas Palangka Raya Plastik merupakan salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *