Kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR)
Kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR)

Sayembara Desain Kawasan TMR Berhadiah Total Rp1 Miliar

Jakarta, Koranpelita.com

Kabar gembira bagi seluruh masyarakat di tanah air yang ingin ikut berkontribusi untuk menuangkan ide, gagasan, dan konsep rancangan membuat kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) menjadi semakin baik.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengadakan sayembara Desain Kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Tidak tanggung-tanggung, Pemprov DKI menyediakan hadiah dengan total nilai mencapai Rp1 miliar.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Widodo mengatakan, sayembara berskala nasional yang terbuka bagi perorangan maupun penyedia jasa perencanaan ini dibuka dengan waktu pendaftaran 18 Maret-5 April 2019. “Penyelenggaraan sayembara ini akan menjadi landasan revitalisasi kawasan TMR,” ujarnya, Selasa (19/3) lalu0000.0

Widodo menjelaskan, TMR ke depan harus bisa menjadi kawasan konservasi dan tempat rekreasi yang modern dan inovatif. Sehingga, TMR bisa menjadi pusat pengembangan satwa di Indonesia dan menjadi destinasi wisata domestik dan internasional.

Ia berharap, ide dan gagasan desain mampu menjawab kebutuhan dan tuntutan desain yang diminta yakni, orisinil, pengembangan strategi dan tema rancangan kawasan TMR, keterkaitan, kesinambungan, adaptasi iklim tropis, rancangan bersifat universal, keamanan dan kenyamanan, taksiran biaya pembangunan, kemudahan pelaksanaan, konektivitas dan integrasi transportasi.

“Desain harus mempertimbangkan sejarah, filosofi, kondisi eksisting, dan pengembangan yang sudah dilakukan serta terwujudnya TMR Provinsi DKI Jakarta yang sejajar dengan kebun binatang di kota-kota besar di negara maju,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kriteria penilaian yang harus dipertimbangkan dalam perancangan penataan kawasan TMR meliputi, konsep koservasi satwa dan edukasi; rancangan zonasi, lanskap, dan fasilitas; konsep pengelolaan biosafety dan biosecurity; kajian konektivitas dan intregasi layanan transportasi menuju dan didalam kawasan; konsep pemanfaatan dan keterkaitan aset-aset milik pemerintah provinsi disekitar kawasan; rencana bisnis dan pengembangan.  “Desain harus mengacu pada kesejahteraan satwa, itu yang sangat penting,” tandasnya.

Untuk diketahui, bagi Juara 1 Sayembara Desain Taman Margasatwa Ragunan akan diberikan hadiah Rp500 juta, Juara 2 Rp300 juta, dan Juara 3 Rp200 juta. Bagi anda yang berminat mendaftar dapat langsung mengakses laman https://ragunanzoo.jakarta.go.id.

Adapun tahapan sayembara yakni, pendaftaran 18 Maret-5 April 2019, evaluasi administrasi dan seleksi wawancara 5-17 April 2019, pengumuman hasil evaluasi administrasi 17 April 2019, pemberian penjelasan dan survei 18 April 2019, pra kualifikasi atau pemasukan proposal 22 April – 7 Juni 2019, dan evaluasi teknis 24-28 Juni 2019. (bjc/naz)

About djo

Check Also

Pemkab Bekasi Bentuk Satgas Percepatan Penurunan Stunting

Bekasi, koranpelita.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk mencegah dan menurunkan angka stunting (kekurangan gizi kronis) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *