Pengukuran garis pantai Tidore oleh tim survei Pushidrosal.pushidrosal

Persiapan Sail Tidore 2021 dan Napak Tilas 500 Tahun Ekspedisi Magelhaens

Kota Tidore Kepulauan telah ditetapkan sebagai tuan rumah pertemuan ke-10 Global Network of Magelhaen Cities (GNMC) 2019 yang berlangsung di pertemuan GNMC ke-9 di Kota Sevilla, Spanyol pada akhir Januari 2019 lalu. Kota tersebut akan menjadi lokasi pelaksanaan Sail Tidore & peringatan 500 Tahun Ekspedisi Magelhaens Elcano dan Sail Tidore 2021.

 

Pushidrosal Survei Perairan Tidore

Tidore, Koranpelita.com-Berkenaan dengan hal tersebut Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melakukan survei dan pemetaan  hidro-oseanografi di perairan tersebut guna memastikan area tersebut aman dari bahaya navigasi yang dapat menghambat perhelatan Sail Tidore & peringatan 500 Tahun Ekspedisi Magelhaens Elcano dan Sail Tidore 2021.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H menjelaskan, selain dalam rangka perhelatan akbar tersebut, survei dan pemetaan Pushidrosal ini sekaligus untuk updating peta laut di perairan Tidore. Sebagai informasi, peta yang digunakan di perairan Tidore selama ini masih peta hasil survei Belanda tahun 1923 yang belum diperbaharui.

Survey tersebut  dilaksanakan dari tanggal 14 Februari sampai dengan  4 April 2019 dan ada tiga titik posko yang dipasang alat pasang surut dan stasion pengamatan pada perairan Kota Tidore yaitu di Pelabuhan Trikora, Maitara dan Perairan Ternate di Pantai Jikolamo.

Selama lebih kurang 50 hari,  Tim survei Pushidrosal dibawah pimpinan Komandan Unit Survei Letkol (Laut) Agus Hendra Gunawan, ST.,M.Tr.Hanla melaksanakan  kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data yang meliputi  data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar laut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengamatan meteorologi, serta verifikasi verifikasi toponimi.

Data tersebut selanjutnya akan divalidasi dan diolah  di Pushidrosal untuk menghasilkan updating peta laut nomor 385 perairan Tidore terbaru, yang menjadi acuan Sailing Pass dan Parade Circumnavigation Magelhaen Elcano maupun kegiatan Sail Tidore tahun 2021 nanti.(ay)

 

 

About dwidjo -

Check Also

KARYA BAKTI LANAL DENPASAR, BAGIKAN 100 PAKET SEMBAKO KEPADA MASYARAKAT PESISIR

DePangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar Bali di bawah pimpinan Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *