Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Ketua DPR Dorong KPU Targetkan Pemenuhan DPTb

Jakarta, Koranpelita.com
Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Komisi Pemilihan Umum untuk memberikan target waktu pendaftaran Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) agar jumlah warga DPTb yang valid dapat dipastikan, serta kecukupan jumlah surat suara dan pendistribusiannya di setiap TPS.
“Itu penting, mengingat Pemilu 2019 akan dilaksanakan dalam waktu kurang dari dua bulan lagi, agar masyarakat Indonesia yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya,” ujar Bambang Soesatyo yang akrab dipanggil Bamaowt itu menanggapi isu isu terkini, di Jakarta, Jumat (22/2).
Hal itu disampaikannya karen pemilih yang tercatat dalam DPTb terancam tidak bisa menggunakan hak pilih, karena adanya kemungkinan tidak cukupnya surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sejumlah wilayah.
Ketua DPR itu juga mendorong KPU untuk melakukan proyeksi terhadap jumlah DPTb yang ada di setiap wilayah, sehingga surat suara cadangan yang dipersiapkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti dengan memindahkan surat suara daerah asal ke lokasi yang baru.
“Mengingat surat suara cadangan hanya dapat ditambah sebanyak dua persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebagaimana diatur dalam Pasal 350 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” ujar dia. (kh)

About dwidjo -

Check Also

Pjs Bupati Sintang Ingatkan ASN Agar Netral Dalam Politik

Sintang, Koranpelita.com  Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si bersama Ketua KPU …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *