Korpaskhas Gelar  Drama Kolosal Operasi Serigala Pembebasan Irian Barat

Visualisasi drama kolosal situasi penerjunan Pasukan Gerak Tjepat (PGT) dalam rangka pembebasan Irian Barat yang ditampilkan dalam puncak kegiatan Napak Tilas disuguhkan bagi Warga Kabupaten Sorong Selatan, Sabtu (16/2).

Teminabuan, Koranpelita-Kegiatan puncak napak tilas operasi Serigala tersebut dibawakan oleh Prajurit TNI bersama siswa siswi pelajar SMA Teminabuan disaksikan langsung Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna,di Kota Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat.

Turut menyaksikan Marsekal TNI (Purn) Ceppy Hakim, sejumlah Sesepuh Korpaskas, Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Y, S.E., M.Tr (Han) dan Pejabat di lingkungan Mabes TNI AU.

Pada kesempatan itu juga, Kasau bersama rombongan melakukan peninjauan di Tugu Merah Putih melihat secara langsung drama kolosal dengan prosesi penancapan Bendera Merah Putih di kampung Wersar distrik Teminabuan tepatnya di Tugu Merah Putih seperti yang dilaksanakan puluhan tahun silam.

Kasau menhyampaikan bahwa Napak Tilas ini dilaksanakan untuk mengenang keberanian dan semangat para pelopor Korpaskhas dalam melaksanakan penerjunan dalam rangka pembebasan Irian Barat di Teminabuan Sorong Selatan.

“Aksi Heroik dalam operasi serigala sejarah pada tahun 1962 silam itu telah mampu mengangkat martabat dan kehormatan bangsa Indonesia di mata dunia Internantional sekaligus menegaskan bahwa angkatan udara masih ada diwilayah Republik Indonesia,” Ucap Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga menghimbau agar Generasi Penerus TNI Angkatan udara khususnya anggota Korpaskhas diharapkan memahami bahwa kopasgat pernah mengukir sejarah besar ditanah Papua ini, khususnya di Teminabuan yang saat ini menjadi kabupaten Sorong Selatan.

”Saat Penerjunan PGT Pembebasan Irian Jaya Barat tersebut merupakan fakta sejarah yang patut kita kenang untuk dijadikan pegangan sekaligus motivasi bagi generasi penerus dalam menghadapi tuntutan dan tantangan tugas di masa mendatang,”Jelasnya

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna menambahkan, bahwa Pelaksanaan Napak tilas Sejarah operasi Serigala adalah suatu momentum yang tidak boleh berhenti sebagai perwujudan kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk membangun tanah Papua khusunya di Teminabuan Sorong Selatan.(ay)

 

About dwidjo -

Check Also

Anggota TGPF Intan Jaya Asal Papua Apresiasi Investigasi Tim

Papua,  Koranpelita.com Tim Gabungan Pencari Fakta kasus Intan Jaya (TGPF Intan Jaya) Papua sudah menyelesaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *