Suka Tanpa Duka Penjaga Stand TNI AD

Pengunjung stand TNI AD pada pelaksanaan Pameran Pendidikan ke-28 Indonesia International Education & Training Expo 2019 di Jakarta Convention Center_ (JCC), Jakarta, di hari pertama dan kedua, membludak.

Kakak Cantik, Saya Kagum Lihat Kakak”

Jakarta, KP-Menurut catatan penyelenggara, sebagian pengunjung mengatakan bahwa selain materi pameran yang ditampilkan sangat menarik dan dibutuhkan oleh masyarakat, menariknya stand TNI AD juga tidak terlepas dari sisi performa para penjaga standnya.

Dalam pantauan, selama dua hari pameran (14-15/2/19) dari empat hari jadwal pameran yang akan ditutup pada Minggu (17/2), stand TNI AD merupakan salah satu stand pameran yang selalu ramai dan banjir pengunjung, terutama dari kalangan pelajar.

Menghadapi ratusan hingga ribuan orang, tentu bukanlah perkara mudah bagi para penjaga stand TNI AD. Mereka dituntut untuk senantiasa bersikap ramah dan profesional serta siap membantu kebutuhan para pengunjung yang datang. Pengetahuan yang luas tentang TNI AD menjadi bekal utama mereka untuk menghadapi serbuan pertanyaan dari pengunjung yang didominasi kalangan pelajar ini.

Bagi Serda (K) Zahra Shalwa Zenira, prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) lulusan Bintara Prajurit Karier (PK) 24, membludaknya pengunjung di stand yang ia jaga tak lantas membuatnya lelah. Justru ia mengaku tambah semangat dan bahagia bisa bertemu dan membantu banyak orang yang datang ke stand TNI AD.

“Ini tahun pertama saya ditunjuk sebagai penjaga stand TNI AD. Rasanya bangga sekali bisa menjadi bagian dari tim yang menyosialisasikan tentang TNI AD kepada masyarakat umum. Disamping saya juga bisa mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dengan TNI,” jelas dara cantik berusia 21 tahun yang berdinas di Detasemen Markas TNI Angkatan Darat (Denma Mabesad) ini.

Menurutnya pengalaman menjaga stand TNI AD tidak ada dukanya, yang ada hanya suka dan senang. Berhadapan dengan ratusan pelajar yang banyak bertanya seputar rekruitmen prajurit kepadanya, membuatnya tiba pada kesimpulan bahwa terkesan tak ada lagi jarak antara TNI dengan masyarakat umum.

Zahra bahkan mengungkap, selama dua hari pelaksanaan pameran pendidikan ini, banyak pelajar yang memintanya untuk berfoto bersama. “Mereka bilang, kakak cantik, kagum saya lihat kakak. Kelak saya ingin jadi seperti kakak (menjadi prajurit Kowad),” ceritanya malu-malu.

Ia juga bercerita, sebagai penjaga stand, tugasnya antara lain melayani pengunjung mengisi buku tamu, kemudian memberikan penjelasan seputar hal yang ditampilkan di stand TNI AD, termasuk siap menjawab segala pertanyaan yang mereka lontarkan.

Tak jauh berbeda dengan pengalaman yang dibagikan oleh Zahra, salah satu Taruna Akmil berpangkat Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar), bernama M.Dynno A.B., yang bertugas menjaga stand, juga mengaku gembira dan bangga bisa dilibatkan sebagai penjaga stand TNI AD tahun ini. Tugasnya di stand Akmil terutama memperkenalkan tentang satuan tersebut kepada khalayak umum.

“Banyak yang menanyakan tentang tinggi badan. Sebab ternyata diantara mereka ada pula yang pernah ikut seleksi, tapi tidak lolos karena tinggi badan. Karena, dalam seleksi TNI AD punya ketentuan standardisasi tinggi badan, sementara mereka tidak pede dengan tinggi badannya, makanya banyak juga yang menanyakan tentang itu,” cerita Dynno membagikan pengalaman unik yang dialaminya selama menjadi penjaga stand.

Saat ditanya tentang atensi pengunjung terhadap prajurit TNI saat ini yang direpresentasikan oleh para penjaga stand, Dynno menjawab, rata-rata responnya positif. “Sekarang saya rasakan masyarakat sudah merasa lebih dekat dan nyaman dengan kita (TNI), sudah tidak takut-takut lagi seperti dulu. Karena kita komunikasi dengan mereka sudah seperti dengan teman, sehingga mereka merasa nyaman untuk bertanya, bahkan minta foto bersama,” jelas Taruna berusia 21 tahun ini menutup percakapannya. (ay)

About dwidjo -

Check Also

Peduli Situs Budaya, Kapolda Resmikan Renovasi Rumah Betang di Kobar

Pangkalan Bun, Koranpelita.com. Polres Kobar dan Polda Kalteng bersama jajarannya ikut ambil bagian dalam menjaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *