Home / Jabotabek / Desa Sukamanah Jadi Pencontohan Se-Indonesia

Desa Sukamanah Jadi Pencontohan Se-Indonesia

Bogor, Koranpelita.com

Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor dalam lomba tingkat Nasional terpilih menjadi Desa terbaik se-Indonesia sehingga menjadi pusat percontohan tingkat Nasional sebagai desa yang menjadi kegiatan study banding untuk desa-desa dari seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah masyarakat kami telah memiliki kesadaran Hukum dan memiliki Badan usaha milik desa (Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa yang berbadan hukum, sehingga Desa kami sudah masuk ke kategori Desa Mandiri,” ujar Kepala Desa Sukamanah, H. Ismail ketika ditemui KORANPELITA.COM, belum lama ini, di Bogor, Jawa Barat.

Dikatakan Ismail Kategori Desa Mandiri tersebut adalah Indek Desa Membangun program pemerintah Pusat ada 4 Katagori yaitu : ada katagori Desa Tertinggal, Desa Maju, Desa Berkembang dan Desa Mandiri.

“Nah jadi Desa Sukamanah kami di Kabupaten Bogor ini sudah termasuk kategori Desa Mandiri sesuai program pemerintah pusat.”imbuhnya.

Menurutnya perlu diketahui bahwa Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor ini berpenduduk sekitar 7385 jiwa yang meliputi dari 23 RT dan 7 RW dengan mayoritas profesinya rata-rata sebagai Petani, Karyawan dan Wiraswasta.

Ketika disinggung terkait Progaram Bumdes menurut Ismail sejauh mana sudah dijalankannya, ia menjawab bahwa Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tersebut sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa.

” Alhamdulillah Bumdes kita memang sudah bejalan ada 3 kegiatan yang dilakukan yang pertama adalah penyediaan sarana Air bersih, kedua pengelolaan pasar Desa dan ketiga Desa Sukamana sebagai tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor bekerjasama dengan Bank Jabar,” terangnya.

Selain itu Kades Sukamanah H.Ismail menambahkan program unggulan desa kami Sukamanah yang terdekat banyak yang sedang kita prioritaskan terutama yang sesuai dengan apa yang menjadi kesepakatan bersama -sama Masyarakat.

“Karena kami dalam menetapkan kebijakan itu pasti berdasarkan pada apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.(han)

About dwidjo -

Check Also

Mahasiswa Minta Penegak Hukum Awasi Pengelolaan Dana Desa Cipayung

Bekasi, koranpelita.com – Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa mendesak penegak hukum untuk mengawasi pengelolaan dana desa ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *