Holland Scholarship Day 2020 Memikat para Pencari Beasiswa

Jakarta,Koranpelita.com

Ada yang sangat berbeda pada Holland Scholarship Day (HSD) 2020 ini. Perhelatan tahunan ke 7 tersebut yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia Sabtu (19/01/2020), di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda.

Acara ini merupakan acara yang menyediakan informasi paling lengkap dan juga konsultasi langsung tentang berbagai opsi beasiswa untuk studi ke Belanda. 17 perwakilan universitas Belanda (universitas riset dan universitas ilmu terapan) juga ikut serta untuk memberikan kesempatan para calon pelamar mendapatkan informasi dan berkonsultasi langsung.

Para alumni Belanda juga membuat acara ini lebih bermakna dengan berbagi tips dan kiat-kiat mendapatkan beasiswa dalam sebuah talkshow dengan tema “Behind the Scene
of Scholarship Applications.” Beberapa workshop seperti penulisan motivation statement dan tes IELTS juga diadakan dan membuat acara ini secara keseluruhan menjadi one stop shopping bagi para pencari beasiswa.

Ternyata cukup banyak pilihan bagi pencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke negeri Kincir Angin itu. Beasiswa tersebut berasal dari berbagai sumber pendanan baik dari pihak Belanda maupun Indonesia. Skemanya pun beragam. LPDP dan program 5000 Doktor dari Kementerian Agama adalah beberapa beasiswa yang didanai oleh pemerintah Indonesia, sementara StuNed dan Orange Knowledge Program (OKP) adalah beasiswa penuh dari pemerintah Belanda yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu juga banyak beasiswa parsial seperti Orange Tulip Scholarship dan Holland Scholarhship Karenanya peluang ini harus dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk semua yang ingin menempuh studi lanjutan di Belanda.

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, mengungkapkan bahwa Nuffic Neso Indonesia juga membuka peluang kerjasama dalam bentuk co-funding beasiswa bagi organisasi di Indonesia baik dari pemerintahan ataupun swasta yang diperuntukkan bagi staf organisasi tersebut.

“Skema ini bukan saja untuk optimalisasi dana beasiswa namun juga untuk menghasilkan dampak yang segera dapat dirasakan oleh organisasi tempat para penerima beasiswa berasal. Karenanya ia berharap agar kerjasama co-funding ini dapat dikembangkan lebih luas lagi,” katanya.

Sementara itu, Indy Hardono, Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso Indonesia, dalam paparannya yang berjudul “Scholarship: The Winning Strategy.” menjelaskan pentingnya calon pelamar beasiswa mendapatkan informasi yang lengkap dan komprehensif dari sumber yang terpercaya. Para calon pelamar perlu memahami bahwa sekedar memenuhi persyaratan saja tidak lah cukup.

“Banyak hal yang menjadi kunci keberhasilan untuk mendapatkan beasiswa diantaranya pemahaman tentang persyaratan dan kriteria dan tentang latar belakang serta tujuan dari setiap beasiswa,” ujarnya.

Indy juga menekankan bahwa faktor-faktor penyebab kegagalan beasiswa,terutama disebabkan oleh ketidaksiapan dan kekurang seriusan calon pelamar. Karena persiapan matang dan motivasi kuat menjadi kunci keberhasilan mendapatkan beasiswa. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Ketua DPP PKS: Rasio Pajak Rendah Jadikan Indonesia Sebagai Negara Pengumpul Pajak Terlemah

Jakarta, Koranpelita.com Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan Anis Byarwati mencermati rendahnya rasio pajak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.