Perum Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Perum Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Sukabumi,Koranpelita.com

Perum Jamkrindo ikut berpartisipasi menghijaukan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark sebagai bagian upaya perusahaan dalam mendukung pelestarian alam. Program itu dilaksanakan melalui penanaman ratusan pohon tahap pertama di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kabupaten Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu, 15 Desember 2019.

Pelaksanaan penanaman pohon dirangkai dengan program pembersihan sampah di Pantai Palangpang yang menjadi bagian program kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Adapun kampanye anti sampah plastik ini merupakan upaya untuk membuat kawasan Geopark Ciletuh makin asri sehingga pengunjung bertambah dan perekonomian masyarakat meningkat.

Direktur Perum Jamkrindo Sulis Usdoko menjelaskan, program pelestarian alam di Geopark Ciletuh merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengembangan kawasan geopark bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan komunitas-komunitas yang ada di wilayah geopark. “Kami yakin bahwa melalui upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kelestarian, kawasan geopark akan menjadi destinasi yang memberi nilai tambah, apalagi juga dilaksanakan kampanye anti sampah plastik,” ujar Sulis.

Penanaman pohon dilakukan oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari masyarakat dan pelajar di Kecamatan Ciemas, serta komunitas-komunitas penggerak pariwisata di kawasan geopark. Hadir juga dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi H Ujang Abdurrohim Rochmi, Kepala Bagian Kerja Sama Kabupaten Sukabumi Yudi Pancayoga, Sekretaris Perusahaan Perum Jamkrindo Abdul Bari.

Ujang mengakui bahwa kehadiran Jamkrindo di Ciletuh, bisa meningkatkan semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Jamkrindo yang berkontribusi dalam pelestarian alam di Ciletuh dan sudah memulai edukasi serta kampanye anti sampah plastik. Kami yakin, kolaborasi itu akan menghasilkan sesuatu yang baik dan kami masyarakat Ciletuh siap menjaga lingkungan kami dari sampah plastik,” ujar Ujang.

Selain penanaman pohon dan pembersihan sampah, Perum Jamkrindo juga menyediakan puluhan tempat sampah hasil daur ulang drum yang dipercantik menggunakan lukisan cat bekerja sama dengan komunitas setempat serta plang edukasi mengenai waktu urai sampah, seperti sampah styrofoam yang tidak bisa terurai. Tempat sampah diletakkan di beberapa titik di Pantai Palangpang, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, dan Puncak Darma di Kecamatan Ciemas.

Setelah dimulai di Kecamatan Ciemas, kegiatan serupa dan kegiatan pemberdayaan ekonomi akan dilaksanakan di 7 kecamatan lainnyan di wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Hal ini menjadi bagian dari kesepakatan bersama antara Perum Jamkrindo dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Geopark Ciletuh Palabuhanratu dengan durasi selama tiga tahun. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

H-10, Anggota DPRD Kalsel Dapat THR

Banjarmasin, Koranpelita.com Rencananya 10 hari sebelum Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/Tahun 2024 ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.