Home / Daerah / Wujudkan Kalsel Cerdas, Dispersip Datangkan Penulis dan Pakar

Wujudkan Kalsel Cerdas, Dispersip Datangkan Penulis dan Pakar

Banjarmasin, Koranpelita.com

Dalam mewujudkan Kalimantan Selatan (Kalsel) cerdas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi setempat terus melakukan terobosan serta inovasi dan kegiatan dengan mendatangkan penulis-penulis dan pakar-pakar berkompeten. Dengan begitu, selain kualitas dispersip maka harapan untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap perpustakaan juga akan lebih positif.

Saat ini, kita memiliki program ‘Kalsel ‘Cerdas dan dibantu semua kalangan, seperti mendatangkan penulis-penulis serta pakar-pakar didalamnya,” ujar
Kepala Dinas Dispersip Provinsi Kalsel, HJ Nurliani Dardie, disela Rapat Koordinsai Pengembangan Perpustakaan se Kalsel, Tahun 2019 di Hotel Rattan Iin Banjarmasin, Rabu (9/10/2019).

Untuk menjalankan program tersebut Dispersip juga didukung pendanaan oleh pemerintah daerah senilai Rp. 39 miliar.

Dukungam dana tersebut diusulkan bertahap dan dialokasikan untuk perbaikan diantaranya, rehap total perpustakaan Pal 6 di Jalan A Yani. Rehap ringan Perpustakaan Tendean, dan pembangunan Depo Arsip serta sejumlah kegiatan lainya yang menunjang program Kalsel cerdas,” kata dia.

Sebelum membuka kegiatan, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, dalam sambutannya mengatakan,
dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kehidupan perpustakaan dan Kearsipan terus kembangkan minat serta kemampuan.
“Pengembangan ilmu melalui perpustakaan tak berhenti sampai disini. Kita akan terus kembangkan. Karena yang namanya ilmu dicari dan perpustakaan adalah gudangnnya ilmu,” sebut H Sahbirin Noor.

Sedang Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando yang hadir saat itu, menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya perpustakaan.

Menurut dia, Perpusnas RI berkomitmen melaksanakan amanat UU nomor 43 tahun 2017 tentang Perpustakaan dalam Fungsi utamanya sebagai perpustakaan pembina terhadap semua jenis perpustakaan di tanah air.

“Dalam rangka pembinaan pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan perpustakaan, maka Perpusnas RI melaksanakan akreditasi perpustakaan,” kata dia.

Tujuannya, untuk menjaga mutu dan kualitas perpustakaan dengan penyelenggaraan agar tetap konsisten dan sesuai dengan Standar Perpustakaan Nasional.

Dalam kegiatan yang di ikuti wakil perpustakaan se-Kalimantan Gubernur Kalsel juga mendapat penghargaan dari perpustakaan nasional RI.

Penghargaan’ Nugraha Jasa Pustaloka’ yang di berikan sebagai pejabat Publik peduli tentang Layanan Perpustakaan. (Ipik)

About dwidjo -

Check Also

Penutupan Tambang Pengolahan Tembaga Diduga Kepentingan Bisnis

Cianjur, Koranpelita.com Aksi protes santri dan fron pembela Islam (FPI) terhadap tambang dan pabrik pengolahan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *