Home / Daerah / Meski Sudah Sering Hujan, Gubernur: Status Darurat Karhutla Belum Dicabut.

Meski Sudah Sering Hujan, Gubernur: Status Darurat Karhutla Belum Dicabut.

Banjarmasin, Koranpelita.com

Meski beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah mulai sering di guyur hujan dan basah. Namun pemerintah daerah belum ingin mencabut status ‘darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pasalnya, kondisi cuaca belum sepenuhnya bisa dikatakan stabil, apakah sudah musim hujan atau sebaliknya.

Diakui beberapa wilayah di Kalsel, seperti Kota Banjarmasin, Banjarbaru,
dan beberapa lainnya sejak pekan lalu sudah mulai diguyur hujan meski tak terlalu deras seperti pada musimnya.

Namun perubahan yang terjadi beberapa pekan ini, sedikit demi sedikit cukup membantu hingga kondisi udara menjadi segar.

” Status diberlakukannya darurat Karhutla untuk Kalsel tetap lanjut walau hujan sudah ada dibeberapa titik,” ujar Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, di Banjarmasin, Rabu (9/10/2019).

Menurut dia, kondisi alam seperti saat ini sulit untuk dibaca, karena tak ada yang tau apakah hujan terus atau cuma sesaat.

Dengan kondisi yang masih belum pasti itu, gubernur yang akrab disapa ‘Paman Birin’ ini mengaku pemerintah daerah belum berkeinginan untuk mencabut darurat Karhutla dan untuk sebulan kedepan masih diberlakukan.

Dia juga mengingatkan, jika memasuki musim penghujan nanti, maka semua juga harus siap-siaga untuk mengatasi kemungkinan potensi banjir yang dapat melanda.

Dengan kondisi siaga maka upaya antisipasi pun akan lebih cepat dalam mengatasinya.

Disinggung daerah mana saja yang berpotensi terjadi banjir? Paman Birin menyebutkan, belum bisa dipastikan. Namun sebelum hal itu terjadi langkah dan persiapan harus lebih dulu ambil.

“Saya sudah memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memetakan daerah mana saja yang berpotensi banjir,” kata dia.(Ipik)

About dwidjo -

Check Also

UMP Jateng Tahun 2020 Ditetapkan Rp1,7 Juta

Sematang, Koranpelita.com Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020 sebesar Rp ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *