Home / Jabotabek / Kali Bekasi Tercemar, Perlu Forum Pengelola DAS

Kali Bekasi Tercemar, Perlu Forum Pengelola DAS

Bekasi, Koranpelita.com

Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKP DAS) Jawa Barat membentuk Korwil untuk wilayah Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Subang, Jumat 13 September 2019.

Korwil Bekasi saatnya melakukan aksi serupa, mengingat Kali Bekasi yang menjadi salah satu icon Kota Bekasi kondisinya memprihatinkan.

Bau, kotor dan tinggal menjadi tempat pembuangan sampah saja. Padahal dulu, airnya jernih dapat diminum.

“Saya sebelum ke sekolah masih mandi dan mencuci di Kali Bekasi,” Siti Maryam Salim mengenang masa kecilnya.

Belum lama lanjutnya, 10 tahun lalu Kali Bekasi masih baik, masih ada ikan yang bisa dijala untuk lauk sehari-hari. Sekarang tidak lagi, ikan yang bisa bertahan hidup hanya sapu-sapu.

FKP DAS merupakan Lembaga Nonstruktural di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang dibentuk berdasarkan Amanat Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan dan UU Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. Selain itu berdasar PP Nomor 37 Th 2012 Tentang Pengelolaan DAS, dan Pergub No. 14 Th. 2013 tentang Pengolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Dr Mulyaningrum narasumber sekaligus Pengurus FKPDAS Jawa Barat, kehadiran FKPDAS untuk melindungi dan memulihkan fungsi hutan, rehabilitasi lahan dan konservasi tanah dan air di lingkungan DAS.

“Selain itu, melakukan kegiatan yang berdampak terhadap kelestarian Hutan perlindungan dan pemeliharaan sumber dan aliran DAS kemanfaatan lahan secara produktif untuk tercapainya kesejahtraan masyarakat sekitar lingkunga DAS,” paparnya.

Pembentukan Korwil FKPDAS untuk 3 Kabupaten ini dihadiri pejabat Dinas Kehutanan Jawa Barat, beberapa pengurus FKPDAS Jawa Barat diantaranya Korbid Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dr Mulyaningrum, Bidang Pengembangan Sumberdaya Aep Saeful Islam.

Perwakilan Pemerintah Kabupaten Purwakarta Asda II Tri Hartono dalam sambutannya menyambut baik pembentukan Korwil FKPDAS ini.

Ketua terpilih di masing masing Kabupaten adalah orang yang paham DAS dan Kehutanan secara umum.

“Dan bebas dari kepentingan politik serta bisa berkoordinasi baik dengan Pemerintah Daerah di kabupatennya masing masing,” harapnya.

Untuk Korwil Subang terpilih Yaya Sudarya Aktifis Advokasi Masyarakat Subang (LAM) sedangkan untuk korwil Karawang Terpilih Asep Sudrajat penggiat Lingkungan Hidup

Dalam sesi pemilihan untuk Ketua Korwil FKPDAS Kabupaten Purwakarta terpilih secara Aklamasi H.Ujang Alim Adi Saputra S.HUT penggiat kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Purwakarta.

Dalam kesempatan terpisah Ketua Terpilih FKPDAS Kabupaten Purwakarta mengungkapkan, dalam kepemimpinan mendatang program kerja utama yang akan segara dilaksanakan yaitu membangun hubungan keselarasan dan keserasian Ekosistem di aliran DAS hingga ada dampak terhadap peningkatan kemanfaatan dan produktifitas lahan bagi manusia secara terpadu dan berkelanjutan.

“Serta mewujudkan peran manusia dalam menjaga dan melestarikan sumberdaya Alam Daerah Aliran Sungai,” pungkas H Ujang Alim Adisaputra S.Hut . (djo)

About dwidjo -

Check Also

Pemprov DKI Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Jakarta,Koranpelita.com Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan atas program peningkatan kualitas layanan anak usia dini dari ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *