Prajurit Kodiklatal Peringati  HUT TNI AL  ke-74 tahun 2019 

Surabaya,  Koranpelita

Seluruh Antap dan Siswa Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal)  melaksanakan upacara Peringatan HUT TNI AL ke-74 Tahun 2019  di Lapangan Laut  Maluku Kestarian Bumimoro, Surabaya. Upacara tersebut dipimpin Direktur Doktrin (Dirdok) Kodiklatal Laksma TNI Antongan Simatupang.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam amanat yang dibacakan Dirdok Kodiklatal menyampaikan bahwa selama 74 tahun, TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis. Ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus dan tindakan mitigasi yang tepat.

Selama ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang. Sesuai Pasal 9 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, telah diatur lima tugas Angkatan Laut, yakni bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim, dan pembinaan wilayah pertahanan laut.

Lebih lanjut disampaikan, modernisasi Alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategis Angkatan Laut 5 tahun kedepan dalam kerangka kekuatan Angkatan Laut yang selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan operational ready force. kesiapan ini hanya bisa dicapai dengan pemenuhan personel yang profesional di bidangnya, pemenuhan senjata dan amunisi sesuai bekal pokok, kelengkapan sarana dan prasarana, serta dukungan logistik terpadu.

“Selaras dengan visi pemerintah lima tahun ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia. Karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa indonesia”.ujarnya.

Tepat kiranya pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu “bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun SDM unggul, fondasi indonesia maju”. Perlu kita sadari bersama, bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya.

Dengan demikian keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi.(ay)

About ahmad yani

Check Also

TNI AL BERHASIL GAGALKAN PENYELUNDUPAN NARKOTIKA JENIS GANJA DAN BBM DARI JAYAPURA MENUJU PAPUA NUGINI

Papua,  koranpelita.com TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Tim X Quick Response (XQR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.