Home / TNI/Polri / Deputy CEO Medcom Digital Expansion Berikan Kuliah Umum di Seskoal

Deputy CEO Medcom Digital Expansion Berikan Kuliah Umum di Seskoal

Jakarta, Koranpelita. Com

 Deputy Ceo Medcom Digital ExpansionMoh. Arief S. Suditomo menjadi Dosen Tamu dihadapan 150 Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando (Dikreg Seskoal) Angkatan ke-57, 50 Perwira Siswa Kursus Manajemen Strategik TNI AL Angkatan ke-14 dan 10 Perwira Siswa Pendidikan Matra-3 TNI AL Angkatan ke-10 TP.2019, bertempat di Kelas Gabungan Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (16/7).

Kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Komunikasi Massa” dibuka oleh Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr.Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., yang diwakili Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoal Kolonel Laut (P) Imam Musani, S.E., M.Si.

Pemaparan Kuliah Umum diawali dengan menjelaskan Media Crisis Management dimana setiap personel institusi TNI juga memiliki tanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa, dengan tetap memperhatikan keamanan sebuah informasi.

Pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan media massa didasari oleh fakta bahwa media massa tidak saja memberikan informasi, melainkan juga memiliki peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat mengenai arti penting, legitimasi dan keberhasilan tugas yang dilaksanakan oleh institusi TNI.

Di Negara Demokrasi seperti Indonesia, terdapat 4 Pilar yaitu Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan Media Massa. Dengan demikian masyarakat harus lebih terbuka untuk menyaring informasi yang diberitakan oleh media massa.

Melihat perkembangan media massa di Indonesia yang cukup pesat mulai dari cetak, radio, online, televisi dan digital. Terdapat 4 fungsi utama pers atau media massa yaitu memberikan informasi (to inform), untuk menghibur (to entertain), untuk mendidik (to educate) dan untuk mempengaruhi (to influence).

Sebelum mengakhiri Kuliah Umumnya, Deputy Ceo Medcom Digital ExpansionMoh. Arief S. Suditomo memberikan simulasi media interviewspress conferencedoor stop hingga cara menghadapi wartawan.

Terpenting untuk diingat adalah kita sedang berbicara dengan sesama manusia. Selanjutnya kita harus dapat menguasai substansi dan topik yang akan disampaikan, fokus pada inti pesan.

“Dan berikan yang terbaik dari apa yang anda bisa, jangan lupa untuk menunjukan simpati terhadap lawan bicara/ rekan media,” ujarnya.

Kuliah Umum ini dihadiri oleh Sekertariat Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Hardiko, S.Sos., M.M., Kepala Departemen (Kadep) Juang Seskoal Kolonel Laut (P) Sunarno Adi, para pejabat utama, para Patun dan Dosen, para Perwira dan PNS Sederajat Seskoal, yang diakhiri dengan pemberian cinderamata dan plakat dari Danseskoal yang diwakili oleh Dirdik Seskoal kepada narasumber dan dilanjutkan dengan kegiatan foto Bersama.(ay)

About ahmad yani

Check Also

KRI Banda Aceh 593 Tingkatkan Profesionalisme Saat Lintas Laut

Biak,  Koranpelita KRI Banda Aceh 593 saat ini lintas laut menuju Kendari setelah bekal ulang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *