Home / TNI/Polri / Komunikasi Sosial TNI dI Maluku Tengqh Tingkatkan Semangat Bela Negara

Komunikasi Sosial TNI dI Maluku Tengqh Tingkatkan Semangat Bela Negara

Maluku Tengah,  Koranpelita. Com

Komandan Pangkatan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang melaksanakan kunjungan kerja di Desa Tial Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (11/7).

Dalam kunjungan tersebut antara lain diselenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat setempat.
Komandan Lantamal IX Ambon menyampaikan bahwa kegiatan Komsos seperti yang kita laksanakan saat ini merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan sebagai forum silaturahmi sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara aparat TNI dan seluruh elemen bangsa. Peran tersebut dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

Lebih lanjut dikatakan, menghadapi arus globalisasi saat ini bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang berkarakter kuat, tetapi juga benar, positif, konstruktif dan idealis untuk nasionalisme. untuk itu seluruh komponen TNI komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat guna kemajuan Bangsa dan Negaraegara.

“Mari kita bangkit Bersama kerja keras membangun daerah ini agar menjadi lebih baik sejahtera adil dan makmur,” ujarnya.

Komsos tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya secara bersama-sama, kemudian penyerahan materi Komsos dan bantuan sejumlah peralatan kepada pemuda Desa Tial, antara lain beberapa paket peralatan olahraga, doa dan foto bersama.

Selanjutnya dilaksanakan berbagai penyuluhan antara lain tentang bahaya narkotika dan minuman keras oleh Letda Laut (K/W) Dr. Theresa S. Panjaitan dari Rumah Sakit TNI AL Dr. FX Soehardjo. Materi tersebut sangat menarik perhatian masyarakat yang dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan pada saat sesi diskusi.

Materi ceramah yang tidak kalah menariknya tentang “Berita Hoax” dan Alat tangkap perikanan yang ramah lingkungan disampaikan oleh Perwira Menengah Lantamal IX Ambon Mayor Laut (KH) Paslan.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi tentang tugas dan fungsi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL ) dan Sosialisasi promosi penerimaan prajurit TNI AL Tahun 2019.

Komsos tersebut juga disampaikan pentingnya wilayah laut bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Selama berlangsungnya Komsos tersebut, masyarakat yang berjumlah kurang lebih 500 orang mengikuti kegiatan hingga selesai.

Dengan demikian, kegiatan Komsos tersebut dinilai sangat mendukung dalam upaya memelihara kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka meningkatkan bela negara.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Kadeppim AAL Buka Latihan Kepemimpinan dan Pengenalan Kehidupan Taruna Bagi SMA Hang Tuah

  Surabaya,  Koranpelita.com Kepala Departemen Kepemimpinan Akademi Angkatan Laut (Kadeppim AAL) Kolonel Marinir Muharam Ahmad ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *