Home / News / Ketua DPR Desak Kemenhub dan Kemenkes Jamin Keselamatan Pemudik Lebaran 2019
Ketua DPR Bambang Soesatyo Selasa (28/5/2019) menyerahkan bantuan 1.810 paket sembako kepada berbagai petugas di lingkungan DPR RI. Ist

Ketua DPR Desak Kemenhub dan Kemenkes Jamin Keselamatan Pemudik Lebaran 2019

Jakarta, Koranpelita.com

Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan pengarahan kepada pengusaha bus angkutan mudik lebaran 2019 dan mengandangkan bus-bus yang tidak memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) jalan.

“Ketegasan itu penting dikeluarkan Kemenhub terhadap pengusaha jasa angkutan mudik lebaran, guna menjamin keselamatan dan memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang melakukan mudik lebaran,” ujar Bambang Soesatyo di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Penegasan itu disampaikannya atas penemuan sejumlah bus yang tidak laik jalan menjelang Lebaran 2019 oleh Kemenhub, yaitu 1.378 atau 61 persen bus di DKI Jakarta, 13 dari 77 bus di Lampung, 155 atau 50 persen bus di Depok, 14 dari 19 bus di Brebes, dan sejumlah wilayah lainnya.

Selain itu, Bambang Soesatyo juga mendorong Kemenhub melakukan “rampcheck” secara disiplin dan memberikan pengarahan kepada pengusaha bus untuk melakukan uji kelaikan (KIR) terhadap bus-bus yang akan dioperasikan menjelang mudik Lebaran 2019.

“Bus-bus atau kendaraan yang digunakan pemudik hanya yang telah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai sarana transportasi (lulus uji KIR) atau laik jalan,” tekan Ketua DPR.

Politisi Partyai Golklar itu juga mendorong Kemenhub untuk memberikan tambahan petugas, supir, dan bus laik jalan, jika memang jumlah armada yang ada masih belum mencukupi kebutuhan bagi para pemudik.

Selain itu minta Kemenhub bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memastikan supir yang bertugas dalam kondisi sehat dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. “Pastikan pengemudi harus dalam keadaan betul-betul sehat,” ujar dia.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik, agar tidak mudah percaya kepada orang yang baru dikenal, dan menanyakan kepada petugas terkait mengenai arah, tujuan, maupun jadwal keberangkatan bus.

Ribuan Paket Sembako

Masih terkait dengan situasi menjelang Idul Fitri, Ketua DPR Bambang Soesatyo Selasa (28/5/2019) menyerahkan bantuan 1.810 paket sembako kepada berbagai petugas di lingkungan DPR RI. Mulai dari security (pengamanan dalam/Pamdal), kebersihan, taman dan office boy.

Bantuan ribuan paket sembako yang dikoordinir Persaudaraan Istri Anggota DPR RI (PIA DPR RI) ini diberikan sebagai bentuk kepedulian serta apresiasi kepada para petugas di lingkungan DPR RI.

“Salah satu hikmah Ramadhan adalah meningkatkan kepedulian kepada sesama. Misalnya dengan memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita, memberi makan kepada mereka yang berpuasa, menyalurkan infak, zakat dan sedekah.”

“Disitulah indahnya ajaran Islam dalam membangun kepedulian dan solidaritas sosial. Sebagaimana hari ini ditunjukan oleh PIA DPR RI yang memberi bantuan sembako kepada berbagai petugas di lingkungan DPR RI,” ujar Bambang.

Turut hadir antara lain Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Ketua PIA DPR RI Lenny Bambang Soesatyo, dan para pengurus PIA DPR RI lainnya.

Selain menyerahkan bantuan paket sembako, dalam kegiatan tersebut juga diselenggarakan bazar murah bekerjasama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menyediakan berbagai kebutuhan menjelang Idul Fitri. Dari mulai sembako, pakaian muslim, hingga aneka jajanan kue ringan.

“Bazar seperti ini sudah menjadi kegiatan rutin DPR RI menjelang Idul Fitri. Selain untuk menggerakan roda ekonomi UMKM, juga untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan Idul Fitri dengan harga terjangkau,” pungkas Bamsoet. (kh)

About dwidjo -

Check Also

Perlunya Pendekatan Kebudayaan untuk Atasi Permasalahan di Papua

Tangerang,  Koranpelita Isu Papua yang terus menjadi perhatian masyarakat mendorong kalangan aktivis muda menyelenggarakan Dialog ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *