Home / News / Kuliah untuk Pendamping Desa Segera Digelar

Kuliah untuk Pendamping Desa Segera Digelar

Tangerang, Koranpelita.com

Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo melalui Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT, Prof Dr Haryono Suyono mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat, MBus, PhD, di Tangsel, Banten, Rabu 15 Mei 2019.

Bersama anggota Tim Pakar lainnya, Dr Bibit Samad Riyanto, Prof Dr Jimmy Gani dan Dr Tyas Sari, Helmiati SH, MSi, didampingi Yudha Pawarrangan dan staf.

Dedangkan Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat, MBus, PhD didampingi Dr Sofjan Arifin, Dekan FHISIP UT dan Prof Dr Hanif Nurcholis MSi dari UT serta staf.

Pertemuan intensif merancang tentang kerja sama dalam Akademi Desa 4.0.

Dalam pertemuan yang berlangsung secara akrab tersebut telah disampaikan kesiapan materi kuliah untuk semester pertama dari Universitas Terbuka untuk Pendamping Desa yang menjadi prioritas atas permintaan Menteri Desa PDTT.

Bahan siap digelar dalam kuliah on line untuk seluruh pendamping desa manakala para mahasiswa Pendamping Desa tersebut sudah mendaftar.

Rektor juga sepakat pendaftaran tersebut dapat dilakukan secara bersama melalui Dirjen dalam lingkungan Kementerian Desa sehingga secara otomatis kuliah dapat segera dimulai.

Disarankan kuliah mulai dibuka dengan Kuliah Umum oleh Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo yang diikuti secara on line oleh seluruh Pendamping Desa dan siapapun yang berminat di desa.

Rektor UT menegaskan kuliah bagi pendamping desa untuk Semester I ini bersifat gratis dan para peserta akan menerima Sertifikat Tanda mengikuti kuliah. Namun apabila para mahasiswa akan mempergunakan hasil kuliah untuk mengikuti program studi dengan mendapatkan gelar, maka mahasiswa harus mengikuti ujian mata kuliah yang diikutinya dan untuk itu baru dikenakan biaya mengikuti ujian dari bahan yang diikutinya.

Hasil dari ujian yang dikutinya itu dicatat sebagai bagian dari bahan kuliah untuk tingkat sarjana.

Karena kuliah on line ini bersifat terbuka, maka Punggawa Desa atau Relawan Desa bisa juga mengikuti kuliah yang sama dan kepada mereka juga diperkenankan menggunakan fasilitas gratis yang sama, termasuk boleh mengikuti ujian dan bahan yang diujikan yang hasilnya dicatat sebagai angka kredit untuk gelar.

Namun para peserta dari punggawa desa dan relawan itu perlu mendaftarkan secara langsung melalui pendaftaran on lin kepada Universitas Terbuka seperti biasa.

Bahan ajar lain yang terkumpul pada tingkat Dirjen dan jajarannya di Kementerian Desa PDTT dari banyak laporan dari daerah akan dipergunakan Universitas Terbuka guna memperkaya bahan kuliah yang telah dipersiapkan.

Disamping itu, dari waktu ke waktu, tidak seperti kuliah terbuka biasa, acara Universitas Terbuka ini akan diselingi dengan Kuliah Umum on line atau kuliah kunjungan lapangan tatkala petugas dari Kementerian Desa PDTT maupun para anggota Tim Pakar berkunjung ke daerah.

Kuliah umum bisa juga diberikan oleh para Guru Besar atau tenaga ahli dari Perguruan Tinggi anggota Pertides dari berbagai Perguruan Tinggi mitra Kementerian Desa PDTT.

Setelah hasil rapat tersebut dilaporkan kepada Menteri dan Sekjen Kementerian Desa PDTT, akan ditentukan kapan Kuliah Perdana Pembukaan Kuliah On-Line melalui Universitas Terbuka itu akan diadakan, yaitu bulan Juni atau paling lambat Juli yang akan datang. (djo)

About dwidjo -

Check Also

KPK Perdalam Dugaan Mega Korupsi Tambang di Kotim

  Sampit, Koranpelita.com  Kabag Hukum Setda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng, Nino Andria Yudianto, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *