Home / News / Dewan Optimis Kalsel Lokasi Ibu Kota RI

Dewan Optimis Kalsel Lokasi Ibu Kota RI

 

Banjarmasin, Koranpelita.com

Wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengaku optimis kawasan Kabupaten Tanah Bumbu yang berada di Provinsi Kalsel, bakal dipilih sebagai lokasi baru untuk Pusat Pemerintah Indonesia.

Pasalnya, selain letak geografis tepat berada di tengah dan minim potensi bencana alam, juga didukung sejumlah intrastruktur yang kini tengah dikembangkan sebagai penunjang.

Hal penting lagi yaitu, adanya permintaan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, saat berada di Kalsel, pada tahun lalu, agar menyiakan lahan di Batulicin untuk pemindahan pusat pemerintah RI kelak.

“ Jadi tanpa mengesampingkan daerah lain yang juga masuk dalam daftar, saya optimis Kalsel, jadi lokasi yang bakal dipilih untuk pusat pemerintah nanti,” ujar Ketua DPRD Kalsel, H Burhanuddin, kepada wartawan di Banjarmasin Senin (14/5).

Karena itu, Burhanuddin pun menghimbau kepada seluruh elemen seperti tokoh agama, masyarakat, ormas, pengusaha, forkopimda untuk bersatu mendukung pemerintah daerah dalam menyongsong rencana besar tersebut.
Potensi besar Kabupaten Tanah Bumbu hingga masuk nominasi, dari pesaing beratnya seperti Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim), sebagai pusat pemerintahan, dikarena geografis yang tepat berada ditengah-tengah.

Kemudian, bebas dari potensi bencana alam. Selaian itu, sudah tersedianya infrastruktur awal, seperti pelabuhan, bandara dan jalan bebas hambatan sepanjang 150 kilometer antara Batulicin-Banjarbaru hingga menuju Banjarmasin.

Terkait permintaan Presiden Jokowi, saat menghadiri acara adat tahunan masyarakat Batulicin “Mapenretasi”, imbuh politisi Golkar ini, saat itu presiden Jokowi yang berpakaian adat setempat duduk berdampingan dengan gubernur sembari bicara dan meminta agar dicarikan lahan guna mempersiapkan lokasi calon ibu kota.

Mendengar perintah itu, Gubernur H Sahbirin bNoor pun dengan lantang menyanggupi permintaan presiden kala itu.

Tak berapa lama di kurun tahun 2018 lalu, empat kepala daerah pun di panggil ke Jakarta untuk mempersentasikan calon ibu kota, diwilayah provinsinya masing-masing.

” Saat itu gubernur sempat menyampaikan kesiapan dua lokasi yang cocok yaitu daerah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut,” beber Burhanuddin yang kembali terpilih dalam calon legislatif pada pemilu 17 April 2019 tadi.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel Nurul Fajar Desira, masih menutup rapat soal lokasi lahan calon ibukota baru.
Namun, dari bocoran tersiar jika Kalsel tengah menyiapakan lahan seluas 600.000 hektare (Ha) untuk pusat pemerintahan baru itu.

Bocoran tersebut diperkuat setelah Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bertemu dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro di Jakarta belum lama tadi. (Ipik)

About dwidjo -

Check Also

KPK Perdalam Dugaan Mega Korupsi Tambang di Kotim

  Sampit, Koranpelita.com  Kabag Hukum Setda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng, Nino Andria Yudianto, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *