Home / Ekonomi / JAM Intel Instruksikan Kawal Dana Desa Agar Tepat Sasaran

JAM Intel Instruksikan Kawal Dana Desa Agar Tepat Sasaran

JAM Intel Jan S Maringka saat membuka kegiatan “Sosialiasi Pengawalan terhadap Pendistribusian dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019”

Jakarta, KoranPelita.com
Jaksa Agung Muda Intelejen Jan Samuel Maringka mengatakan dirinya sudah menginstruksikan jajaran kejaksaan di daerah untuk mengawal pendistribusian dan pemanfaatan dana desar agar tepat sasaran dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang pemberdayaan masyarakat desa.
Dia pun mengingatkan jajaran Kejaksaan di daerah untuk
membangun koordinasi dengan Aparat Pengawas Internal Pemerintah atau APIP dalam menyikapi permasalahan hukum yang berkaitan dengan dana desa.
“Sehingga hukum dapat ditegakkan tanpa mengabaikan kearifan lokal di masyarakat,” kata Jan Maringka di Hotel Emerald Garden-Medan.Sumatera Utara, Selasa (5/3/2019) saat menjadi Keynote Speaker “Sosialiasi Pengawalan terhadap Pendistribusian dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019”.
Dikatakannya juga koordinasi antara kedua lembaga sangat penting. “Jika tidak terkoordinasi dengan baik berbagai fungsi pengawasan tersebut justru dapat berpotensi menimbulkan over pengawasan yang kontraproduktif dengan semangat pemerintah memberdayakan masyarakat desa,” katanya.
Dibagian lain JAM Intel mengatakan pimpinan Kejaksaan menyambut baik kegiatan sosialisasi dalam rangka mewujudkan persamaan persepsi di antara seluruh pemangku kepentingan yang ada terkait pengelolaan dan pengawalan dana desa sebagai program utama Pemerintah.
Hal ini, kata dia, sesuai juga poin ketiga Nawacita pemerintahan Jokowi–Kalla yaitu “Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah-Daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan”.
Selain itu, tutur JAM Intel, kegiatan sosialisasi memiliki makna strategis terutama dalam rangka pengamanan kebijakan pemerintah di bidang pemberdayaan masyarakat desa.
Khususnya, tuturnya, untuk meningkatkan sinergi dan kesatuan langkah antara jajaran Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dengan Kejaksaan di seluruh Indonesia dalam memperkuat ketahanan dan pemberdayaan masyarakat desa guna mewujudkan pemerataan pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti para Kajati dan Kajari serta Kasi Intelijen dan Kasi Datun di wilayah hukum Sumatera Utara, Aceh dan Sumatera Barat.
Selain para pejabat Eselon II, III di lingkungan Kementerian Desa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, dan Perwakilan Kepala Desa dan Pengurus Badan Usaha milik Desa se-Sumatera Utara.(Didi MJ)

About dwidjo -

Check Also

Renovasi Masjid Istiqlal Ditargetkan Selesai Maret 2020

Jakarta, Koranpelita.com Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan renovasi Masjid Istiqlal, ...

One comment

  1. Mantap.kalau mau ikut gabung menjadi kontributor wilayah Cirebon bisa ga bapak Redaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *